Selasa, 20 November 2012

Cloud Computing


CLOUD COMPUTING

Cloud computing adalah hasil dari evolusi bertahap di mana sebelumnya terjadi fenomena grid computing. Konsep penyatuan computing resources melalui jaringan global sendiri dimulai pada tahun 1960an. . Jargon komputasi awan mulai muncul pada akhir tahun 2007, digunakan untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke Internet, bukan disimpan di komputer lokal lagi.
Cloud computing atau komputasi awan merupakan tren baru di bidang komputasi terdistribusi dimana berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) di jaringan internet. Namun pada intinya cloud computing adalah suatu pergeseran dari perusahaan dalam membeli dan memelihara server dan aplikasi on-premise yang mahal, dan bergerak menuju metode penyewaan IT, sesuai dengan kebutuhan, dari penyedia layanan public cloud.
Alasan ekonomi yang menjadi pendorong di belakang konsolidasi ini adalah penghematan biaya yang signifikan dan pengurangan risiko yang diterima oleh perusahaan ketika mereka memusatkan sumber daya teknologi mereka di sebuah pusat data yang dikelola secara profesional oleh pihak luar. Penyedia layanan publik dapat mengimplementasikan keamanan industri yang paling canggih dan proses ketersediaan yang tinggi serta menawarkan pemantauan dan pemeliharaan server 24x7.
Tanpa kita sadari sebenarnya  kita sudah sering  menggunakan  aplikasi dengan sistem berbasis cloud  computing. Contoh  lainnya  seperti Hotmail, Yahoo!Mail  atau Gmail. Untuk melihat email, kita bisa melakukannya  di mana saja, yang  penting ada internet  dan browser. Software  dan  data  kita  tidak tersimpan  di komputer  yang kita  pakai melainkan  terletak di cloud server.

Kelebihan cloud computing

1.      Kemudahan akses
2.      Efisiensi biaya
3.      Fleksibilitas dalam menambah kapasitas
4.      Kemudahan untuk monitoring & server management
5.      Orang IT akan lebih banyak memikirkan pengembangan
6.      Akses secara remote

Kekurangan cloud computing

Faktor yang paling penting dalam penggunaan sistem komputasi awan adalah koneksi internet. Jika tidak ada koneksi internet maka kita dapat menggunakan sistem komputasi awan. Di Indonesia, masih ada beberapa wilayah yang belum terjangkau oleh akses internet, sehingga membuat koneksi internet kurang memadai dan sering kali tidak stabil karena pengaruh cuaca maupun lingkungan pada wilayah tersebut. Ketika server down atau permorma kurang bagus, kita malah akan dirugikan karena kualitas server yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar